Sabtu, 21 Maret 2009

Shotcrete

Pengenalan shotcrete atau beton kecipratan

Shotcrete atau gunite telah invented oleh Bapak Carl Ethan Akeley (1864-1926) pada 1910. Untuk sebuah taman wisata, Arsitek Amerika ini telah diamanatkan dalam mewujudkan reproduksi yang nyata dari dinosaur. Mengingat ukuran struktur, ia mempunyai ide untuk mengembangkan "semen gun" mesin memungkinkan penyemprotan dari cementitious mortir. Shotcrete telah dibuat!

Simbolis mungkin kebetulan, tapi tahun yang sama, Bapak Kaspar Winkler didirikan sika. Sejak saat itu sangat sika telah memberikan kontribusi kepada pembangunan shotcrete teknologi. Shotcrete oleh teknologi, berarti kita yang berkesinambungan dari kimia tambahan dan admixtures untuk shotcrete dan juga pengembangan penyemprotan peralatan.

Bidang shotcrete aplikasi

Shotcrete terutama digunakan dalam proyek konstruksi bawah tanah sebagai awal atau permanen dukungan struktural. Oleh konstruksi bawah tanah, kami berarti pembangunan struktur seperti jalan-terowongan kereta api, hydropower pabrik, tambang, parkir, kereta bawah tanah, metro, dll tempat penyimpanan
Namun shotcrete adalah juga sebagai alat untuk mewujudkan ekonomi stabilisasi kerja (lereng), kolam renang, waterways, perbaikan beton, inner lining arsitektur dan struktur. Kira-kira 90% dari shotcrete akan diterapkan ke dalam proyek-proyek konstruksi bawah tanah. Total volume shotcrete tahunan diterapkan di seluruh dunia adalah lebih dari 12 juta meter kubik

Apakah shotcrete?

As per the American Concrete Institute (ACI), shotcrete dapat didefinisikan sebagai mortir atau beton, pneumatically diproyeksikan pada kecepatan tinggi melalui tekanan tahan menyampaikan sebuah baris ke permukaan, di mana pada dampak yang kompak.

Semen, pasir, agregat, air, dan tambahan admixtures komponen yang masuk dalam produksi dari shotcrete campuran.

Dibandingkan dengan beton normal, terutama shotcrete berbeda dari tiga poin:

  • Yang maksimal ukuran agregat yang digunakan.
  • Jalan ke tempat itu.
  • Campuran dari shotcrete bisa kering atau basah.

Mengenai terminologi kita dapat menjelaskan Gunite sebagai kecipratan mortir sementara Shotcrete sebagai kecipratan beton.
Oleh gunite kami adalah cementitious campuran partikel ukuran yang dibatasi sampai 8 mm.
Shotcrete kita untuk mempertimbangkan penggunaan aggregates dari mana ukuran maksimal adalah 16 mm. Namun, dalam 10 tahun terakhir ada kecenderungan untuk membatasi maksimal ukuran agregat sampai 12 mm.

Shotcrete pembangunan dapat diringkas dari mulai saat ini sebagai berikut:
Kering proses -> proses kering dengan bedak penderas -> dengan proses basah Alkali cair penderas -> dengan proses basah Alkali penderas gratis.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

terimakasih untuk penjelasan tentang shotcretenya, sangat berguna sekali... untuk tambahan belajar saya...
perkenalkan saya mahasiswa jurusan teknik sipil yang akan membawakan presentasi pada pelajaran teknologi bahan tentang beton semprot....
boleh saya minta alamat email mas???
sekiranya saya nanti dapat bertanya2 tentang shotcrete atau bidang2 lainnya....
trimakasih

dikydwipermana@yahoo.co.id